Bagaimana Cara Mengatasi Virus di Laptop?

gambar tersebut menyebutkan cara mengatasi virus di laptop gambar tersebut menyebutkan cara mengatasi virus di laptop

Bagaimana Cara Mengatasi Virus di Laptop?

Cara mengatasi virus di Laptop sering kali dianggap sebagai masalah yang sulit ditangani. Padahal jika tau caranya dan mau berusaha sebenarnya mengatasi virus tidak sesulit yang dibayangkan.

Bahkan mengatasi virus ini bisa dibilang cukup mudah dan aman tanpa perlu takut kehilangan data. Lantas bagaimana caranya? Simak pembahasan lengkapnya hanya disini!

Bagaimana Cara Mengatasi Virus di Laptop?

Virus bisa diartikan sebagai sebuah program perangkat lunak kecil yang membahayakan dan mengganggu pengoperasian laptop. Keberadaanya bisa merusak dan menghapus berbagai data yang ada di laptop kamu.

Virus ini sendiri juga bisa menyerang siapa saja. Untuk itulah sebagai pengguna laptop kamu harus selalu waspada dan segera menanganinya. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu ikuti untuk mengatasi virus pada laptop:

1. Scan Menggunakan Anti Virus

Cara yang paling mudah untuk mengatasi virus adalah dengan memanfaatkan software anti virus. Sebelum itu tentu kamu harus memastikan software tersebut sudah terpasang di laptop kamu.

Adapun software anti virus ini sendiri juga banyak jenisnya ada yang berbayar maupun yang gratis seperti AVG, Avira atau Avast. Untuk yang gratis bisa kamu download di situs resminya.

Jika sudah terdownload langsung saja install softwarenya. Setelah terinstal baru kamu bisa menggunakannya.

Menggunakan anti virus ini merupakan cara membersihkan virus di laptop tanpa menghilangkan data jadi aman. Dengan begitu kamu tak perlu khawatir akan kehilangan data apapun namun agar lebih yakin sebaiknya melakukan backup data lebih dulu.

Penggunaannya Pun cukup mudah dan cepat. Paling tidak prosesnya hanya memerlukan waktu sekitar 15 menit hingga satu jam.

Tunggu saja sampai proses tersebut selesai. Jika sudah selesai software anti virus akan secara otomatis langsung menghapus virus yang ada di laptop kamu.

2. Atasi Dengan Windows Defender

Cara menghilangkan virus di laptop windows 10 maupun windows lainnya bisa dengan memanfaatkan windows defender. Cara yang satu ini cukup efektif dan aman karena Windows Defender merupakan software anti malware atau anti virus bawaan.

Untuk cara lebih yang lebih detail dan jelasnya kamu bisa mengikuti langkah- langkah berikut ini:

  • Langkah pertama ketik kan Windows Defender pada search bar laptop kamu.
  • Lanjutkan dengan memilih menu Virus & Threat Protection.
  • Terakhir klik menu Advance Scan dan proses pemindaian virus akan berjalan

Pemindaian ini tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama. Paling tidak hanya sekitar 15 menit dan laptop akan restart sendiri. Saat laptop sudah hidup lagi artinya proses pemindaian dan pembersihan virus sudah selesai.

Kedua cara tersebut bisa kamu pilih salah satu. Jika ingin yang cara menghilangkan virus di laptop tanpa instal ulang dan tanpa khawatir data hilang pilih cara pertama.

Sebaliknya jika ingin yang lebih praktis tanpa menginstal software antivirus pilih saja cara kedua. Adapun setelah menerapkan cara diatas prosesnya belum selesai dan harus dilanjutkan dengan proses lain supaya lebih bersih.

Bagaimana Cara Menghindari Virus?

Untuk terhindar dari masalah atau virus yang sama maka kamu bisa mengikuti beberapa tips berikut:

1. Rajin Update OS

Pastikan untuk selalu melakukan update OS yang terbaru. Meski terdengar sepele namun OS versi terbaru akan membantu laptop kamu terhindar dari serangan virus.

OS versi terbaru merupakan perbaikan dari versi sebelumnya, mencakup isu keamanannya. Untuk itulah kamu harus rajin menggunakan operasi terbaru demi menghindari masalah keamanan.

Kegiatan ini juga bisa dianggap sebagai salah cara menghilangkan virus di laptop tanpa instal ulang yang cukup ampuh di tahap pencegahan.

2. Teratur Melakukan Scan

Virus dapat menyusup kapan saja dan dimana saja lalu bersembunyi supaya tidak bisa dideteksi oleh sistem. Inilah kenapa keberadaanya seringkali terlambat diketahui.

Apabila diketahui biasanya virus sudah menyebar dan memberikan efek kerusakan yang parah pada laptop.Inilah kenapa kamu harus selalu mengecek kondisi laptop.

Pengecekan tersebut harus dilakukan secara teratur dan berkala. Jadi apabila ada yang mencurigakan atau membahayakan dapat diselesaikan dengan cepat.

Setelah mencoba cara mengatasi virus di laptop yang ada di atas apakah kamu sudah berhasil menghilangkan virusnya? Bila sudah pastinya hal itu adalah kabar baik. Lalu kamu hanya perlu melanjutkan saja menerapkan tips menghindari virus di atas agar kedepannya laptop kamu tetap aman.