Pantai Siung Yogyakarta, Aktivitas dan Daya Tarik Untuk Berlibur

Foto suasana pantai siung Yogyakarta Foto suasana pantai siung Yogyakarta

Jika kamu sedang liburan ke Jogja jangan lupa menyambangi kawasan Gunung Kidul dan mampir beberapa saat di Pantai Siung. Pantai Siung ini merupakan salah satu suguhan terbaik yang dimiliki Gunung Kidul bagi wisatawan yang datang berkunjung. Pantai Siung menawarkan banyak sekali daya tarik dan aktivitas yang akan membuat siapapun betah berlama-lama di lokasinya. Untuk itu kami telah menyiapkan ulasan lebih jauh tentang pantai ini. Berikut informasi mengenai Pantai Siung 

Pantai Siung Yogyakarta

Pantai ini letaknya berdekatan dengan Pantai Nglambor dan pantai-pantai lainnya di Gunung Kidul. Pantai Siung sendiri mempunyai ciri khas yakni berupa pasir pantainya yang berwarna putih bersih, kawasan pantai nya yang landai, dan tentunya dipagari dengan deretan batu atau perbukitan karang.  Perlu kamu ketahui bahwa perbukitan karang ini bahkan sudah dipermak dan saat ini dijadikan sebagai lokasi panjat tebing.Oleh karena itu jika kamu adalah orang yang menyukai olahraga panjat tebing, di Pantai Siung ini terdapat 250 jalur berstandar Internasional yang bisa kamu coba. Mungkin ada juga yang penasaran kenapa pantai yang satu ini dinamakan dengan Pantai Siung. Asal penamaan pantai ini juga berkaitan dengan keberadaan perbukitan karang tersebut. Karena jika kamu berkunjung ke pantai ini, nantinya kamu akan menemukan sebuah tebing karang yang bentuknya sekilas mirip dengan gigi kera. Inilah alasan dasar pemilihan kata siung yang digunakan untuk menamai Pantai Siung.

Aktivitas Wisata di Pantai Siung

Pantai ini banyak kunjungan wisatawan dalam setiap harinya karena keindahan yang dimilikinya. Selain dapat bersantai menikmati pasir putih dan birunya air laut yang tenang, para wisatawan di Pantai Siung juga dapat melakukan berbagai aktivitas wisata menarik. Aktivitas atau kegiatan tersebut antara lain :

1. Bermain Pasir

Keberadaan pasir putih yang ada di pinggir pantai sangat menggoda untuk dijadikan canvas alami sebagai tempat untuk menuangkan segala ide-ide atau kreatifitas. Karena diatas pasir putih yang bersih tersebut, kamu dapat berkreasi membentuk replika bangunan-bangunan maupun quotes-quotes romantis layaknya seniman terkenal.

2. Berenang

Setelah mengeksplorasi pasir putih Pantai Siung, aktivitas yang dapat kamu lakukan selanjutnya adalah kamu dan keluarga atau orang terdekatmu bisa berenang untuk merasakan segarnya air laut. Air laut yang bersih dengan kondisi gelombang yang cukup tenang tentunya sangat aman untuk dinikmati bersama anak-anak tanpa takut tenggelam. Namun, kami tetap menyarankan agar kamu tidak jauh-jauh dari anak-anak. Karena walaupun gelombang di pantai ini tidak terlalu deras dan tinggi, anak-anak harus dijaga untuk menghindari kemungkinan buruk yang tidak diinginkan.

3. Panjat Tebing

Awal mula pantai ini adalah dijadikan sebagai lokasi panjat tebing adalah pada tahun 1989 lalu. Saat itu ada seorang pengunjung sekaligus pencinta alam asal Jepang yang mencoba memanjat tebing-tebing di Pantai Siung. Mengetahui hal tersebut dan berdasarkan fakta bahwa tebing-tebing di Pantai Siung cocok untuk dijadikan spot climbing, maka Pemerintah Yogyakarta pun mulai melakukan pengembangan untuk membuatnya semakin menarik bagi climber. Niatan itupun terlaksana dan terealisasi hingga meraih puncaknya dengan dijadikannya Pantai Siung sebagai lokasi lomba panjat tebing tingkat ASEAN yang diikuti oleh atlet panjat tebing dari Eropa dan juga Asia.

4. Camping

Sebagaimana halnya di Pantai Drini, di Pantai Siung kamu juga dapat menggelar tenda dome atau camping bersama teman-teman. Kamu bisa menghabiskan waktu satu atau dua hari di area camping untuk memuaskan liburanmu. Di area camping yang ada berada di sisi timur pantai juga sudah disediakan sebuah rumah panggung berkapasitas hingga 15 orang.

Rute Dan Jadwal Buka Pantai

Jaraknya jika dari pusat Kota Jogja adalah sekitar 70 km dan dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun angkutan umum dalam waktu kurang lebih 2 jam. Tidak jauh dari lokasi pantai ini juga terdapat pantai-pantai lain yang bisa kamu kunjungi seperti Pantai Nglambor, Pantai Indrayanti, Pantai Pok Tunggal, dan Pantai Drini. Pantai ini dibuka selama 24 jam dalam setiap harinya. Kamu bisa datang kapan saja sesuai kesempatan dan waktu terbaik yang kamu inginkan.

Itulah ulasan tentang pantai siung Yogyakarta yang bisa kamu kunjungi bersama kerabat atau keluarga tercinta, selama berlibur pastikan kalian selalu menjaga jarak dan tetap menggunakan masker ya.