Pentingnya Memakai Tabir Surya Untuk Kulit Anda

gambar tersebut menyebutkan tentang pentingnya menggunakan tabir surya gambar tersebut menyebutkan tentang pentingnya menggunakan tabir surya

Pentingnya Memakai Tabir Surya Untuk Kulit Anda

Tabir surya adalah sahabat terbaik Anda. Tidak peduli apa kegiatan Anda; berbelanja, bekerja, beres-beres di rumah, tabir surya akan melindungi kulit Anda dari sinar UVA/UVB yang berbahaya dan polusi yang dapat menyebabkan kerusakan jangka panjang pada kulit.

Tidak hanya di luar ruangan, tabir surya juga berperan penting dalam melindungi kulit Anda selama berada di dalam ruangan. Sinar UVA yang masuk melalui jendela kaca dan pintu yang terbuka dapat menembus jauh ke dalam lapisan kulit jika dibandingkan dengan sinar UVB. Sering terpapar sinar UV akan merusak jaringan tubuh sehingga Anda harus memakai tabir surya meskipun mendung.

Memakai tabir surya adalah salah satu cara terbaik dan termudah untuk melindungi dan menjaga kesehatan kulit Anda di segala usia. Jika digunakan secara teratur, tabir surya bisa membantu mencegah kulit terbakar, kanker kulit, dan penuaan dini.

Terbakar sinar matahari akan terasa menyakitkan, dan menyebabkan iritasi kulit, hingga terkelupas dan melepuh, bahkan bisa menyebabkan kerusakan yang lebih parah. Paparan sinar matahari yang berlebihan dan terbakar matahari dapat menyebabkan kanker kulit.

Kanker kulit adalah salah satu kanker paling umum di dunia. Pria lebih rawan terkena kanker kulit daripada wanita, dan lebih sering terjadi pada orang tua. Oleh karena itu, Anda harus memastikan tabir surya yang Anda gunakan telah memberikan perlindungan yang tepat.

Apa itu SPF?

Sun Protector Factor (SPF) menunjukkan kemampuan tabir surya untuk melindungi kulit ketika terpapar sinar ultraviolet B (UVB). Dampak sinar UVB bisa menyebabkan kulit terbakar dan kanker kulit. Ada dua bagian lain dari sinar UV: sinar UVC (yang tidak sampai ke permukaan bumi karena terhalang oleh lapisan ozon di atmosfer) dan sinar UVA (yang juga bisa menyebabkan kanker kulit serta penuaan dini). Tabir surya yang berspektrum luas (pastikan tertulis pada botolnya) akan melindungi dari sinar UVB dan UVA.

Tabir surya seperti apa yang sebaiknya saya beli?

Untuk penggunaan sehari-hari, pilih tabir surya dengan SPF minimal 30. Jika Anda menghabiskan waktu di luar ruangan, pilihlah produk dengan SPF 60 atau lebih. Karena pada praktiknya, kebanyakan orang tidak menggunakan tabir surya sebanyak yang disarankan, dan SPF yang lebih tinggi akan menambal kekurangan tersebut.

Berapa banyak tabir surya yang saya butuhkan?

Untuk melindungi wajah, leher, lengan, dan kaki, Anda membutuhkan sekitar 100 gram tabir surya. Jika diletakkan di permukaan telapak tangan, 100 gram tabir surya sudah cukup untuk menutupi telapak tangan Anda sepenuhnya.

Untuk melindungi wajah dan leher, Anda membutuhkan sekitar setengah sendok teh.

Apakah memakai tabir surya sebelum atau sesudah produk lain?

Selama tabir surya setidaknya mengandung SPF 30, tahan air dan berspektrum luas, urutan pengaplikasiannya tidak penting. Beberapa orang lebih suka mengoleskan tabir surya pada kulit yang masih bersih, sebelum riasan atau pelembab. Anda bisa menyesuaikan sendiri sesuai dengan rutinitas perawatan kulit Anda.

Apakah makeup dengan SPF berfungsi?

Makeup tidak cukup untuk melindungi kulit Anda, meskipun memiliki SPF yang tinggi. Anda harus mengaplikasikan lebih banyak produk makeup daripada biasanya agar mencapai angka SPF yang tertera.

Apakah tabir surya mineral lebih baik?

Tabir surya biasanya dikelompokkan ke dalam dua kategori: bahan kimia dan mineral. Tabir surya kimia mengandung bahan-bahan seperti avobenzone, octisalate, octocrylene, homosalate dan lainnya. Sedangkan tabir surya mineral mengandung seng oksida atau titanium dioksida. Tabir surya kimia dan mineral bekerja dengan cara yang sama (dengan menyerap sinar UV dan mengubah energi itu menjadi tidak berbahaya). Tabir surya mineral juga memantulkan sinar UV.

Bagi sebagian orang, tabir surya kimia kadang menimbulkan rasa perih di kulit. Jika Anda memiliki kulit sensitif atau sering bereaksi terhadap produk, tabir surya mineral mungkin merupakan pilihan yang lebih baik. Kelemahan dari tabir surya mineral adalah akan meninggalkan bekas putih setelah diaplikasikan, terutama pada kulit berwarna.

Apakah saya harus mengulang pemakaian tabir surya sepanjang hari?

Pada umumnya, Anda disarankan untuk mengulang pemakaian tabir surya setiap dua jam, terutama setelah berenang atau berkeringat.

Jika Anda bekerja di dalam ruangan dan duduk jauh dari jendela, Anda mungkin tidak perlu mengaplikasikan ulang produk, kecuali Anda mau keluar. Sediakan sebotol tabir surya cadangan di meja kerja Anda untuk berjaga-jaga. Paparan sinar matahari saat Anda keluar sebentar untuk makan siang saja bahkan bisa berbahaya bagi kulit.

Ingatlah bahwa tidak ada produk yang sempurna. Selain tabir surya, sebaiknya Anda juga mengenakan perlindungan tambahan seperti topi bertepi lebar, kacamata hitam, atau pakaian pelindung lainnya, dan selalu berjalan di bawah tempat yang teduh jika memungkinkan.